top of page

Lebih Lanjut

SEJARAH 4848 GROUP

Anchor 1

4848 adalah pelopor transportasi antarkota Jakarta - Bandung yang pertama ada di Indonesia. nama 4848 berasal dari tanggal pendirian perusahaan, yaitu pada tanggal 4 Agustus tahun 1959. Sejak setelah didirikan, kami selalu menggunakan angka 4848 dibelakangnya, seperti untuk penggunaan plat nomor mobil dan juga nomor telefon

Ketika 4848 berdiri pada tahun seribu sembilan ratus lima puluh sembilan, mobil angkutan antar kota masih sangat jarang ditemukan. Pada umumnya, banyak orang bepergian menggunakan kereta api atau bus. Akan tetapi, karena sulitnya mendapatkan angkutan antar kota tersebut, pendiri 4848 yaitu Bapak Irawan Sarpingi mendapat ide untuk mendirikan angkutan umum yang memudahkan perjalanan antar kota.

Pada awalnya, Bapak Irawan Sarpingi saat itu masih bertugas sebagai Anggota Tentara Nasional Indonesia mendampingi Wakil Kepala Staff Angkatan Darat - Jenderal Gatot Subroto. Namun, beliau melihat banyak kawan-kawan Tentara Nasional Indonesia yang kesulitan untuk pulang atau berakhir pekan ke Bandung setelah bertugas.  Setelah melihat kesulitan tersebut, tercetus lah ide oleh Bapak Irawan Sarpingi untuk mencoba membantu teman-temannya dengan cara menyewa mobil Suburband yang dikemudikan langsung oleh beliau dan nantinya dapat dijadikan layanan bagi masyarakat maupun Tentara Nasional Indonesia.

4848 biasa menjemput penumpang langsung kerumah dan mengantarkannya sampai ke tujuan (door to door service). Oleh sebab itu, 4848 disebut juga sebagai Pelopor Angkutan Antar Kota dengan layanan antar jemput dari rumah ke rumah atau di sebut door to door

Untuk kendaraan yang digunakan oleh 4848 awalnya banyak menggunakan mobil produksi dari Amerika Serikat, seperti Chevrolet jenis Suburband, Dodge dan lain-lain. Mobil tersebut umumnya berkapasitas 9 orang penumpang.

Selain jenis suburband, 4848 juga menggunakan mobil legendaris yaitu Sedan Holden produksi dari Australia dan umumnya berkapasitas 5 penumpang saja. Taksi 4848 juga hadir pada tahun  seribu sembilan ratus tujuhpuluh - an, dan mendominasi angkutan dalam kota, khususnya di kota-kota besar di Jawa Barat.

Pada tahun seribu sembilan ratus delapan puluh- an, 4848 mencapai puncak kejayaannya saat bisnis taksi dalam kota dan antar kota merajai jalanan di kota Bandung. Hal ini disebabkan oleh belum adanya tol Cipularang yang menghubungkan antara Jakarta dan Bandung seperti saat ini.

Perusahaan 4848 saat ini dipimpin generasi penerusnya, yaitu Bapak Dadan Irawan Sarpingi, BSc., MIBA  masih tetap eksis dengan berbagai macam usahanya sampai ke mancanegara seperti ke negara Singapura, Malaysia, Thailand, Dubai, Saudi Arabia bahkan sampai ke Amerika Serikat.

4848 masih melayani jasa transportasi 4848 rute Bandung menuju kota-kota di Jawa Barat, seperti Garut, Pangandaran, Banjar, Ciamis, Cirebon dan Kuningan. Tidak hanya itu, kami tetap melayani pengiriman ekspedisi untuk beberapa wilayah di Jawa Barat dan Jakarta

Alm. Irawan Sarpingi
ratu juliana
image5_edited
4848 tahun 70-90'an
kingswood
Alm. Irawan Sarpingi beserta keluarga dengan tamu dari Arab Saudi
bottom of page